Friday, February 22, 2019

Pengalaman Hydro di dokter wawan suharwan klinik k24 l #promilpwd

23 Februari 2019


Assalamualaikum, alhamdulilah sudah sekitar 3 bulan aku stop dulu promil dari terakhir ke dokter okky. Setelah stop kita lakuin cara alami, namun ternyata belum juga membuahkan hasil. Mungkin doa dan usahanya kurang maksimal. Bulan kemarin, ada obrolan dengan teman kantor. Jadi, mbak ini punya dokter langganan waktu dulu dia promil. Nah, dia kemarin haidnya sedang ga lancar. jadilah konsul ke dr. wawan suharwan di klinik k24 jatiwaringin. Dia cerita tentang konsultasinya dan menyarankan aku supaya promil kesana. Karena promil kan cocok-cocokan, siapa tau bisa berhasil. Awalnya kita berdua ragu, karena tempatnya di daerah pondok gede, pas sih dekat banged dengan rumah kita, hanya aja sekarang kita masi numpang di tempat mama di rawamangun. Sebenernya ga jauh, kita juga sering bolak-balik kesana nengok rumah, cuman prakteknya itu adanya malam hari aja. Sekitar jam8-11malam, jadi mikir takut pulang kemalaman. Dan dokter ini hanya praktek di hari selasa, kamis dan jumat. 


Pertemuan pertama

Setelah dipikir-pikir, akhirnya kita berdua cobalah mampir kesana pas sekalian nengok rumah. Rencananya mau hari itu juga coba konsul. Tapi kita datang kesana sekitar magrib, nunggunya masih lama dan dapet antrian nomor 20. Akhirnya kita cari tanggal lain yang kita ga nunggu lama. Daftar buat tanggal 15 februari antriannya nomor 4. Pas lah yaa ga terlalu lama nunggu. Kita perkirain sekitar satu orang itu 20-30 menit, jadi kita mungkin jam10an baru dipanggil.

Pas hari H tiba, aku dan suami berangkat dari rumah sekitar jam7, jadi bisa sempet makan dan solat isya dulu sebelum masuk ke ruangan dokter. Selesai makan dan solat sekitar jam 20.15, masih didaerah sana jadi aman dan ga merasa takut terlambat. Namanya anak baru kalo terlambat takutnya di skip dan harus nunggu antrianya panjang lagi.

Pertama masuk ke kliniknya, kesannya klinik ini udah lama atau usang gitu. Dibawah tempat k24nya, pas bilang mau ke dokter kandungan langsung diarahkan ke lantai 2. Naiklah kita ke lantai 2, areanya ga cukup luas ya. ada toilet dibawah dan diatas. Kliniknya kecil, ada tempat administrasi, tempat nunggu pasien dan ruang dokter dua. Ruang dokter wawan dan dokter akupuntur. Ternyata dokternya belum datang, kata orang-orang disini dokter wawan walaupun jam prakteknya jam 8 malam tetapi sering datangnya jam setengah 9 itu udah paling cepet.

Aku lihat, antrian aku keempat, dan antrian hari ini sampai antrian 20 waw ini dokter praktek sampai jam berapa, pikir aku. Akhirnya jam 20.35 dokternya datang, katanya habis ada pasien melahirkan jadi lama. Masuklah antrian nomor 1, ga berapa lama dia udah selesai, kulihat jam hanya dua menit. Aku berpikir, ini konsulnya apa aja yang dilakuin didalam ya, kenapa sekilat itu haha. Aku langsung siapin pertanyaan apa aja yang mau aku tanyakan ke dokter, aku mau jelasin apa aja, jadi nanti didalam ga sebentar. Antrian kedua aku hitungin menitnya, dia sekitar 5 menit agak sedikit lama. Sampai akhirnya namaku dipanggil, ternyata antrian ketiga ga datang. 

Masuk keruangan dokter, ruangannya cukup luas dan cukup rapi. USGnya yang dipakai dokter sepertinya cukup oldstyle, gpp yang penting hasilnya. Dokternya udah lumayan tua, seperti muka keturunan arab atau apa yaa aku juga ga nanya ke dokter. Aku udah siapin data-data yang aku punya, seperti hasil lab, buku dari dokter sebelumnya, aku ceritain promil aku sebelum-sebelumnya, dan aku juga ceritain kalo aku ada kista. Dokternya agak pendiem (ternyata setelah aku tanya temenku kalo sama dokter ini harus bawel karena kalo ga seperti itu beliau hanya berpikir sendiri ga terlalu komunikatif), langsung dokter menyuruh rebahan dan siap di usg. Kata dokter, memang ada kista, dan saat ini kistaku 5cm, naik dari yang sebelumnya 4cm. Beliau bilang gpp, banyak wanita yang punya kista tapi hamil. Ya aku percaya itu, karena beberapa dari mereka ialah teman dan keluarga di lingkungan aku. 

Dokter menanyakan soal hydroku kemarin, apakah dibius. Aku cerita hydroku kemarin ga dibius, dan menurut dokter sebelumnya sudah lancar. Dokter wawan ini langsung menyarankan, kalo seperti itu, kita hydro yaa, pakai bius supaya cairannya semuanya masuk. Duerrr kayanya ada geledek di kepala, tapi tetep sok cool. Ko rasanya buat apa juga aku cerita hydro kalo ujungnya tetep hydro ulang hahahha padahal niat cerita ini itu supaya ga diulangin lagi. Karena udah niat, udah pasrah dan maunya ikutin aja apa kata dokter akhirnya kita putusin oke dok. Dikasi jadwal hari selasa minggu depannya, karena kalau dibius kita harus berpuasa dari jam 5 sore dan tindakan dimulai sekitar jam setengah sepuluh malam.


Hydrotubasi kedua  l  dibius

Aku anggap ini hydrotubasi aku yang kedua, karena didokter sebelumnya aku udah pernah melewati hal ini, tanpa dibius. Karena hydro disini dibius, suami nyaranin supaya dianter sama orangtua juga, minta temenin mereka. Hari selasa malam, kita berangkat habis isya, udah makan dan solat dirumah supaya lega. Datang ke klinik sekitar jam 20.40, terlalu cepat, karena disini untuk yang ada tindakan seperti aku di hydro, diakhirkan. Jadi kita nunggu pasien sampai benar-benar habis. Ternyata hari itu, ada dua orang yang akan di hydro, alhamdulilahnya aku jadi orang yang pertama.

Setelah nunggu sampai pasien habis, sekitar jam 21.30 aku masuk ruangan, aku pikir akan ada basa basi dulu ternyata dokter dan suster langsung mengarahkan kita ke ruangan tindakan. Bersiap di bius, awal bius aku agak takut karena aku takut dengan jarum dan suntikan. Selama beberapa detik aku langsung menghilang dan ga ingat apapun.


Aku sadar

Saat udah mau setengah sadar, aku ingat ternyata aku muntah. Pelajaran untuk kita semua khususnya aku, kalo dokter bilang puasa harus puasa tidak boleh bandel. Jadi dokter nyaranin untuk puasa jam5 sampai nanti waktu hydro tiba. Nyatanya aku lapar, dan aku pikir beda setengah jam gpp. Aku makan jam5 lewat sampai setengah enam baru selesai. Dokter bilang, kalo puasanya bohongan ini ketahuan, karena pasti muntah. Sampai masi setengah sadar aku sambil ngomong ke susternya, maafin aku yaa sus udah menyusahkan. 
Karena masih setengah sadar, dan sangat pusing aku digotong sama suami ke mobil soalnya udah terlalu malam jadi kita paksakan pulang. Dari klinik sampai ke rumah, yang aku buat ga enak sekali ialah hasil dari biusnya sendiri, bukan karena hydronya. Alhamdulilah perut aku ga banyak bermasalah, dan kata mama serta suami, hydro aku lancar.  Hanya aja, efek obat biusnya ini bikin aku ga masuk kerja sampai dua hari.

Setelah di hydro, dokter nyaranin untuk datang lagi kalau haid hari ke5 buat lanjut promil. Bismillah :)))


Biaya promil di dokter wawan suharwan k24

Oia, jadi biaya promil di dokter wawan ini cukup tergolong lowbudget:
1. Konsul pertama, administrasi Rp. 30k, dokter Rp. 150k
     Total = Rp. 180k
2. Konsul kedua, di hydro Rp. 1.750k sudah berikut obat-obatan dan biaya tindakan


tips n trik menghadapi hydro

Awalnya aku juga takut, galau, gelisah, karena ga mengerti hydro itu apa, kenapa harus dihydro. Apalagi setelah cari info sana sini malah banyak yang bilang menakutkan. Ada yang sampe pingsan, sampai mengerikan semua infonya. Kata aku, ga perlu takut, hadapi, apalagi ini memang salah satu ikhtiar kita supaya bisa bertemu dengan sikecil atas ijin allah juga pastinya. Banyak jenis promil, bila ketemu promil yang mengharuskan kita untuk di hydro, dicoba aja. Hydro ini gunanya membersihkan dan melancarkan saluran tuba supaya pengantaran ke sel telurnya berhasil lancar tidak ada hambatan apapun. Kalaupun kita memang tidak ada hambatan, cairan yang dimasukan ini tidak berbahaya, hanya membantu memulihkan sel yang ada didalamnya bila ada sel-sel yang sekiranya luka.

Tips hydro:
1. Bismillah, berdoa, solat sunnah, memohon kepada allah supaya dimudahkan, dilancarkan hasilnya.
2. Hydro bila ga dibius, makan dan minum teh manis hangat, karena ini membantu kita untuk tenaga menghadapi hydro serta rilex.
3. Hydronya bila dibius, berpuasa sesuai anjuran dokter.
4. Berpikiran positif, supaya hasilnya baik. Jadi ga perlu dengerin kata orang - orang yang bikin takut, jalanin aja.
5. Kalian tau kapasitas diri, jadi bisa berantisipasi masing-masing. Misal seperti aku, karena hydro bius aku akhirnya minta dianter orang tua jadi ada bala bantuan.


Sekian sharing dari aku, saat ini aku sedang berusaha promil di dokter wawan, semoga bisa berhasil. Buat teman-teman yang sedang berjuang juga semangatttttt!!!!
#pejuangduagaris


xoxo
@puspacwit

3 comments:

  1. Setelah hydro rasanya gmana ka? Ada efeknya ngga? Aku 2 minggu kedepan jg ada jdwal di hydro sama dokter wawan jdi cemas gtu.

    ReplyDelete
  2. Kaaaa gimana setelah di hydro apa ada hasilnya?

    ReplyDelete