Saturday, January 12, 2019

Liburan keluarga ke puncak l Membosankankah?

Sabtu, 11 Agustus 2018

Bismillah,  kali ini aku bahas tentang jalan jalan waktu di puncak. Kejadiannya di bulan agustus 2018, agak lampau siy tapi masi bisa buat diceritainlah yaa.  Waktu itu, adik ipar aku sedang mengandung anak pertama, adikku mau ajak jalan-jalan nginep di puncak. Tapi karena mereka gamau sepi, dan enaknya nginep di villa, jadinya adikku ajak kita semua. Mama, papa, aku, suamiku, dia dan istrinya, rencananya berenam aja. Namun pas dikasi tau ke mama, katanya klo berenam sepi, jadinya malah acara gathering keluarga besar H.Yunus.

Kita berangkat masing-masing, ga konvoi. Nah, keluarga aku berangkat duluan. Dan kita udah punya rundown acara. Berhubung jalur puncak terkenal buka tutup, jadinya supaya menghindari buka tutup tersebut, kita rencana berangkat abis solat subuh.

Berikut itinerary acaranya:
Sabtu :
06.00 - 09.00   Berangkat ke villa
09.00 - 10.00   Main ke kebun teh
10.00 - 13.00   Ke villa tujuan dan ishoma (istirahat, solat, makan)
13.00 - 15.00   Main ke cibodas
14.00 - 17.00   Sampai dirumah, istirahat

Dan ini kenyataanyaa....

HARI SABTU

Berangkat ke villa, tepat jam 6.30 pagi, sampai dipuncak sudah mulai kena jalur buka tutup jadi agak sedikit terhambat. Akhirnya karena lelah diperjalanan terkena dampak buka tutup, kita putuskan lanjut ga berhenti di kebun teh. Kita istirahat di puncak pass, nyemil, beli alpukat sekitar jam 11 siang. Lanjut sampai di Villa jam 11 siang, istirahat makan dan solat. Kita menginap di villa mandiri colibah, villanya bagus, bersih, fasilitas lengkap. Karena ku ga foto-foto villa beserta isi dalamnya, kalian bisa lihat di mba gugel yaa, disitu lengkap fotonya dan sesuai semuanya. Villa colibah mandiri namanya, ku inap di vila yang paling kecil (satu komplek colibah ada 3 villa). Di villa ini lengkap ada kolam renang dan jacuzzinya.
Dan ada ruangan terbuka bisa dipakai sampai jam12 malam. Misal untuk kumpul, mengobrol, makan bersama.

Little venice

Karena keluarga lain belum datang dikarenakan satu dan lain hal. Jadi kita berempat (mama dan papa ga ikut mau istirahat di villa aja) explore puncak. Tujuan utama kita ialah ke little venice, penasaran aja naik gondola di bogor yakhaan. Berangkat jam13.00 setelah ishoma. Tiket masuk little venice tahun kemarin agak lupa harganya, tapi kayanya 25ribu per orang ini harga diluar permainan yaa. Masuk ke dalam, suasananya emang dibuat seperti venice yaa, ada gondola, jenis perahunya ga cuman gondola aja, ada perahu lainnya juga. Lalu ada permainan lain, banyak banget tapi bayar masing masing. Dan juga, ada singa imitasi (patung singapura ala ala), lalu tembok cina atau seperti gate di cina. Dan kayanya masi akan ada beberapa pembangunan. Biasa ajaa siy, cuman memang mereka menjual banged naik kapal ala gondolanya.  Berikut suasananya :

Cibodas

Lanjut dari venice sebelum ashar, kita sebentaran banged disini karena ya memang ga banyak yang dilihat, tempatnya ga terlalu luas. Diluar venice ada jajanan banyak banged,jadi kalo lapar dan haus ga perlu khawatir banyak jajanan. Setelahnya kita main ke cibodas, letaknya persis di sebelahan sama villa ini, jadi yaa ga jauh jauh banged. Kita sampai disini jam setengah 4. Cibodas itu enaknya buat santai aja, ala ala piknik. Ngobrol lama sambil melihat pemandangan, jalan jalan menikmati penghijauan. Banyak tempat yang bisa disinggahi disini, tapi kita ga muter semuanya karena ga keburu terlalu luas. Alhasil kita berhenti di suatu tempat curug kecil, ada bunga sakuranya, kita jajan mie ayam disini.

Lanjut di villa

Setelah mutermuter, akhirnya kita pulang ke villa. Persiapan sodara pada dateng dan siap siap makan bersama. Acaranya ngobrol, nonton film bareng pake proyektor, foto-foto, bakar jagung. Sampai larut dan istirahat. Paginya kita senam bareng, berenang, jacuzi dan sarapan bareng. Lalu persiapan pulang jakarta supaya ga kena macet. Oia, di sebrang colibah ini ada nicole's kitchen, tempatnya bagus banged buat nongkrong.

HARI MINGGU

Udah sengaja pulang cepet, keluar villa jam10, ternyata masi kena buka tutup. Kalo ini gara - garanya kita sendiri. Jadi jalanan sebenernya lancar, terus kita masuk dulu ke kebun teh walini. Mau nyobain tehnya, terus muter muter didalam. Padahal cuma sebentaran, numpang minum teh, solat dzuhur pas keluar mau arah pulang udah macet total. Acara makan di cimory dibatalin, pas jalanan udah aga lancar sekitar jam 3 kita putusin lanjut kebawah ketemuan di masjid padang aku nyebutnya. Ada jam tingginya seperti di mekah katanya. Masya allah bagusnya masjid ini, bersih dan sangat luas. Setelah dari masjid kita makan di warung daun di bogor. Laper yaa setelah perjalanan panjang dan macet kita baru bisa makan siang jam4 ehehhee. Tapi selepas dari itu, bahagia semuanyaa bisa bersama-sama.

Tips n Trik supaya perjalananmu di puncak tak membosankan

Cari waktu yang pas, sesuaikan dengan jam buka tutup jalur puncak yang terkenal padat merayap. Biasakan sesuaikan jadwalnya dengan yang sudah disiapkan. Cari wisata menarik yang kamu belum pernah coba disana. Cari tempat makan yang asik dan enak (udah banyak banged di daerah puncak tempat makan gini yaa). Buat juga acara selama di puncak supaya seru bareng keluargamu. Dan pastinya, kalo jalan jalan bareng keluarga sih selalu seru dan tak membosankan yaaa.

Budget perjalanan selama di puncak cuma 4 juta kurang

Jajan di tempat teh all Rp. 200.000
Makan di warung daun 18 orang Rp. 1.000.000
Total biaya selama di puncak Rp. 3.780.000

Sekian informasi jalan-jalan aku dan keluarga selama di puncak, semoga bermanfaat dan selamat liburan.