Monday, May 16, 2016

Bandung, Tebing Keraton

Selasa, 17 Mei 2016


Perjalanan ke tebing keraton ini sebenernya udah cukup lama.  Sekitar bulan september tahun 2015.  Waktu itu gue dan temen-temen yang mana kita menyebut diri kita grup bidadari hahahhaa entah dari mana celotehan itu muncul.  Kita rencanain kepengen pergi jalan-jalan sekedar ke Bandung pun jadi.  Tiba-tiba si selvi nge-BC, katanya ada opentrip dari JaHe (Jalan - jalan hemat) ke Tebing Keraton bandung dan itu cuman sehari alias PP.  Pada jamannya, tebing keraton kan hits banget yaahh.  Terus liat jadwalnya bisa langsung daftar.  Tadinya kepengen semuanya ikutan (bidadari ini ada 6 membernya wkwkwkk) tapi yang bisa saat itu cuman gue sama selvi doang.  Jadilah kita yang haus akan jalan-jalan ini ngedaftar berdua ikutan opentrip ini.

Berangkat hari sabtu
Sekitar jam 7 pagi sudah kumpul di seberang pintu belakang universitas al azhar, meponya disana karena JaHe ini yang punya anak YISC al azhar.  Makanya meponya di belakang universitas Al Azhar.  Pagi itu gue sampe duluan, sekitar 5 menit kemudian si selvi dateng, ga lama mobilnya dateng kita langsung masuk dan nyari spot duduk yang enak.  Sambil nunggu yang lain kumpul, kita dikasih sarapan, cemilan pagi gitu.  Akhirnya setelah setengah jam kemudian (ngaret) sekitar jam setengah 8 kita berangkat ke Bandung.

Kendaraannya



Sampai Tujuan

Perjalanan sekitar makan waktu 3-4 jam, dikarenakan sabtu arus ke Bandung pun cukup padat.  Tujuan pertama langsung ke tebing keraton, jadi bis dan mobil-mobil itu cuma bisa parkir dibawah, untuk naik keatas tebingnya itu kita harus naik ojek, karena katanya jalanannya curam.  Akhirnya mobil kita cuman bisa naik dan parkir di lapaknya si ece (lupa nama ecenya siapa).  Dari situ kita lanjut naik ojek satu persatu sampai bisa naik ke tempat tebingnya.  Sesampainya di tebing keraton, dilihat dari pintu masuknya udah bagus, rapih ada musola dan toiletnya juga.  Bebatuannya udah rapih, ada jalanannya juga jadi kita ga akan bingung harus berpijak dimana.  Hal ini berkat pembangunan dari pemerintah setempat, dulunya mah katanya masih berupa pinggiran tebing aja gituh.  Kalo pas gue kesana tebingnya pun udah di pagar-pagarin dan lebih rapih keliatannya.  
Walopun panas menyengat banget saat itu, tapi karena udah sampe tujuan utamanya pasti poto-poto kann.


sisi kanan tebing (udah ada pagarnya kan)
Sisi kiri tebing
Semua spot dipoto-potoin, yaa tujuan utama ke tebing keraton emang cuman buat poto-poto aja sii sebenernya, dan ngeliat pemandangan yang bagus banget.  Ga nyesel kok pergi kesana, tapi cuman cukup sekali aja hahahahaha karena emang gada apa-apa klopun balik lagi pasti akan ketemu bentuk yang sama. 
Ini dia partner aku

Aku bareng selvi ini ga janjian sama sekali padahal mah, tau-tau pas ketemuan di mepo awal ternyata kita kaya pake dresscode gitu. BROWNY.  Seru siih ikutan opentrip, ketemu banyak temen baru dan banyak kenalan baru.  Ikut jalan-jalan bareng orang lain dan untungnya aku berdua sama selvi jadi ga garing-garing banget kan.  Karena kita berdua aga-aga mirip tema bajunya sampe yang lain itu pada bilang kembar, ade kaka, dll.

me and selvi
Pose di ujung tebing
Kalo dulu, sering liat orang-orang poto di ujung tebing, spot paling ngehits klo ke tebing keraton yaa poto di ujung tebing itu.  Sayangnya pas gue kesana kan udah dipagarin, ga boleh katanya poto di ujung tebing itu, takut membahayakan.  Tapi berhubung gue dan selvi ini anaknya membandel bener, dan penasaran pengen banget selfie di ujung tebing.  Jadilah kita berdua nekat banget lompatin pagar (jangan ditiru yaa).  Soalnya gue tipe orang yang udah maunya kudu harus, dan kalo emang bisa ngelakuinnya kenapa engga, suka tertantang gitu.  Terus suka dalam hati klo orang lain bisa masa gue engga.  Dan kebetulan si selvi juga anaknya begitu, CUCOK udah. hahaha...dan yang lain akhirnya pada ngikutin poto di ujung tebing juga.

tipsnya: jangan lihat kebawah :p

Saatnya makan siang
Panas makin terik nih, perut udah pada keroncongan, akhirnya sang guide ngumpulin dan kita bersiap untuk turun lagi, masing-masing naik boncengan ojek yang udah disiapin balik ketempat si ece (tempat kita parkir mobil).  Makan siang terasa nikmat banget, disediain telor dadar, sambel, ikan asin, sama makanan khas dari tebing keraton (sayangnya ga kepoto).  Jadi makanan khasnya itu, terdiri dari, daundaunan namanya lupa daun apaan, sama serutan kelapa.  Aneh sii bagi gue, dan gue ga nyobain itu (mentah semua).  Selesai makan siang, perut kenyang.  Ada acara doorprize, bukan dilihat dari harganya tapi keseruannya itu.  Jadi kita disuruh ambil nomor, nanti dari nomor itu ada hadiahnya masing-masing.  Waktu itu gue dapet satu set sikat gigi, lumayan.

Ini teman-teman opentrip


Lanjut ke gua
Setelah acara di tebing keraton, kita lanjut ke tempat wisata yang sejalan sama tebing keraton, letaknya dibawah searah dengan jalan pulang.  Namanya taman hutan raya, didalamnya ada banyak gua-gua.  Tempat ini juga bisa buat poto prewedding lohh. Dan tempat ini bener-bener hutan, banyak pohon pinus, ada anjing berkeliaran.  Ngelilingin hutan ini kudu punya stamina yang kuat loh yaahhh, soalnya luaaaassss banget.  Dari satu gua ke gua lainnya perjalanan panjang banget, kemarin kita muterin sampe ke gua jepan dan gua belanda, dan tadinya kita mau ke air terjunnya cuman karena waktu ga memungkinkan takut kemaleman didalam hutan, akhirnya kita urungkan niatnya dan cuman explore gua aja.  Didalam gua sendiri gada isi apa-apa, cuman gelap (kita sewa senter), dan ada lorong-lorong panjang.

Gua jepang
Sepanjang perjalanan pulang dari gua ke pintu masuk, ada banyak ojek yang nawarin sewa.  Lumayan loh bayarnya, sekitar 30-50 ribu.  Tapi karena kita semua kuat (sok dikuat-kuatin) gada yang naik ojek dan lanjut jalan kaki sampai ke pintu depan.  Sebelum sampai ke pintu depan, diperjalanan pulang kita ngelewatin semacam jembatan ala-ala di kebun raya bogor, langsung dehh pasang pose lagi disana :D

jembatan tak bernama
Saatnya pulang
Selesai dari tahura (taman hutan raya) ini, siap-siap pulang ke jakarta, sebelumnya berencana beli oleh-oleh dulu.  Karena di bandung ada rumah om, jadilah gue ga ikutan mereka pulang.  Gue berpisah sama selvi dan lain-lain di kartika sari seberang stasiun.  Gue dijemput si om dan lanjut nginep dirumahnya si om, terus yang lain perjalanan pulang ke jakarta.


Ikutan open trip itu seru lohh, kenalan banyak orang.  Trus bisa jalan-jalan kalo lagi gada orang yang bisa diajak jalan.  Cuman yaa kayanya gue juga walopun ikutan opentrip lagi kudu ada barengannya minimal berdua, kaya bareng si selvi gitu.  Klo bener-bener sendirian belum kepengen sii.  Takut garing hahahaha


Ini dia member Jahe goes to tebing keraton
 

Sambil menikmati titik air hujan

xoxo
@puspacwitt

No comments:

Post a Comment