Wednesday, May 18, 2016

Ini bukan akhir, tapi justru awal

Rabu, 18 Mei 2016


Pada hari itu dia cerita sesuatu yang bikin gue syok.  "Pus, gue mau resign", dan seketika gue kaget lalu bertanya, "hah, boongan ni yaa".  Soalnya beberapa kali kita suka becandaan soal hal begini.  "Engga, kali ini beneran.  Tapi lo jangan bilang siapa-siapa dulu yaa, cuman baru lo doang yang tau".  Sedih banget dengernya, tapi gue tau saat itu pasti bakalan tiba.  Mba eva, temen kantor yang udah kaya kaka sendiri.  Dikantor itu kita suka bertigaan, gue, rosma dan mba eva.  Mba eva sama gue beda setahun masuknya, dan kalo si rosma beda dua tahun sama gue masuknya.  Mba eva ini orangnya nyenengin banget, lucu, bikin ketawa, cerita sama dia mah ga bakalan ngebosenin, orangnya juga suka dengerin cerita dan curhatan orang.  Ngemong banget, klo gue cerita apa-apa pasti sama dia ditanggepin.  Asiklaah pokoknya anaknya.  

Pertama kenal mba eva, waktu awal masuk.
Pas gue masih cupu-cupunya, gue cuman temenan sama nobi yang mana kita berdua masuk ke perusahaan tempat gue kerja (sebut saja nutrifood) selisih seminggu, selama masa orientasi (dikantor gue khusus anak baru ada masa orientasi, bukan orientasi kaya dikampus yaa, tapi ini lebih ke pengetahuan dan skill kita sebagai karyawan) gue sama nobi berdua terus.  Duduknya pun waktu itu karena masih gaada tempat yang layak untuk kita jadi ditempatin dipinggir jalan (temapt orang lalu lalang).  Dulu sama mba eva belum deket.  Setelah sekitar 5bulan gue kerja, tempat duduk kita berubah, dari yang tadinya bertempat dilantai 4, dipindahin ke lantai 2.  Denah tempat duduk pun berubah, sebenernya tempat duduk gue sama mba eva ga deket, cuman karena kita sering solat bareng, ngbrol bareng, makan bareng dan curhat bareng jadilah kitasebagai temen deket.  Mba eva jarang banget cerita masalah pribadi, ga kaya gue yang kerjaannya curhat melulu hahahahha.  Dia sukanya cerita-cerita ringan, klo masalah kehidupan pacaran dll dia ga pernah cerita (dulu pas belum berumah tangga).
 

Singkat cerita, akhirnya mba eva menikah dan punya anak yang lucu banget.  Attar panggilannya.  Gue sebagai fansnya Attar seneng bangettt kalo ketemu dia.  Tiap kondangan klo si Attar dibawa pasti gue isengin, anaknya cengeng jadi lucu hahahaha.  Setelah mba Eva punya anak, gue sering nihh nanyain punya rencana resign gag.  Secara kann udah punya anak pasti cewe mah sebenernya lebih suka dirumah ngurusin anaknya.  Tapi mba eva cuman bilang, rencana mah pasti ada tapi belomlah, nanti klo udh cukup.  Gue juga gatau cukup apaan, karena yang gue liat suaminya mapan mah udah hahahaha.  Sampe akhirnya si rosma juga nikah, mereka berdua udah obrolan rumahtangga, dan gue cuman dengerin doang sambil belajar.  Kita klo solat sering bertigaan terus, klo istirahat suka ngbrol bareng ato sekedar nonton bareng di pc.

Gue Resign
Terus waktu kapan gitu gue lupa tepatnya, sekitaran bulan november ato oktober, gue liat mba eva bolak-balik angkat telpon.  Dan kayanya pake nangis, mukanya merah banget.  Sebelumnya ga pernah gue liat mba eva kaya begitu.  Biasanya dia kuat anaknya, ga kaya gue.  Dan beberapa minggu setelah kejadian itulah dia cerita bahwa dia bakalan resign dari kantor sekitaran bulan februari akhir.  Sedih banget, partnert kerja yang bikin hidup lebih hidup bakalan resign.  Gue yang tadinya ga kepikiran pindah kantor langsung tiba-tiba nyari-nyari kerjaan gitu hahahaha...padahal mah masi cinta sama kantor gue sekarang.  Cuma iseng aja kebawa euphorianya (bener ga yaa tulisannya).  Alasannya mba eva ialah, jadi nyokapnya itu sakit, dia harus jagain nyokap dan jagain anaknya dirumah.  Makanya dia putuskan untuk resign (terharu...)

Arisan terakhir, menangnya barengan
Sebulan sebelum mba Eva resign (sekitar bulan januarian gitu), temen-temen lain akhirnya pada tau dan banyak yang sedih.  Jujur aja mba eva emang bener-bener baik dan tulus hatinya, jadi siapapun seneng bertemen sama mba eva.  Biasanya tradisi di kantor ialah klo ada yang mau resign dibuatin semacam farewell party gitu.  Nah kali itu dikarenakan hari terakhir mba eva hari jumat, seharusnya di jumat acaranya, tapi karena ruangan gada yang bisa dipake jadinya hari kamislah perpisahan mba eva.  Dan yang bikin sedih lagi, si rosma bilang dia bakalan cuti melahirkan dan hari terakhirnya sama ama harinya mba eva terakhir...huhuhuuu gue ditinggalin mereka #lebay.


Kenang-kenangan dari kita
Di acara perpisahan ini, kita kasi kado cincin emas sama kumpulan poto-poto selama kita bersama.  Gue sama mba eva bareng-bareng dari awal gue masuk, sekitar 5 tahun kita bertemen.  Dari sedih, seneng, gosip, jalan-jalan bareng.  Pernah waktu itu gue dicuekin sama dia, hahahha, gara-garanya jadi gue waktu itu diangkat jadi analis, padahal lamaan dia status kepegawaiannya (beda kerjaan).  Tapi abis itu baikan lagi sih, dan makin deket.


gue (rok ungu) - uyung (kerudung item) - mba eva


Awal acara, biasanya kita ada kumpul-kumpul dan kasih pesan dan kesan buat mba eva.  Dan gue urutan ketiga waktu itu, pas giliran gue, bukannya kasih kesan dan pesan yang ada malah nangis...hahahaha.... gue udah gabisa berkata apa-apa lagi.  Beneran sedih banget saat itu, padahal mba evanya aja kuat nahan nangis, eh, gue cengeng pisan.  Berasa bakalan ditinggal mba eva yang udah gue anggap kaka sendiri.  Yaa walopun masi bisa watsapan dll, tapikan tetep aja beda rasanya.  Sampe akhirnya semua udah kasih pesan dan kesan masing-masing, gilirannnya balik ke gue lagi dan tetep aja nangis hahahaa....sampe akhirnya gue ga ngomong apa-apa disitu.

kepo banget liatin hasil karya mas mamat


Buat gue, keputusan mba Eva itu sangat tepat.  Menjaga ibunya dan mengurus anak serta suami.  Pada hakekatnya, perempuan setinggi apapun pendidikannya, lebih baik apabila mengurus rumah tangganya.  Sebaik apapun dia di kantor, tapi bila rumah tangganya tidak bisa baik, tetap dikatakan tidak berhasil.  Perempuan dimanapun dia berada, dalam hati kecilnya pasti kepengennya mengurus rumah, anak dan suami.  Walopun terkadang ada juga keinginan bekerja, memiliki lingkungan pekerjaan dan berinteraksi lebih banyak serta mengasah hasil dari pembelajarannya di bangku kuliah.

kita



Gue, dulu, gamau yang namanya jadi ibu rumah tangga, maunya pokoknya kerja, cari uang sendiri dan bebas.  Punya kegiatan supaya ga cemburuan sama suami.  Tapi setelah banyak baca, banyak dapat tausiyah, banyak dapet pengetahuan baru.  Bahwa hakikatnya istri dirumah aja pahalanya udah banyak.  Cuman ngurus rumah, suami sama anak aja udah banyak pahalanya.  Dari situ, berubah keinginan gue yang kekeh pengen terus kerja, menjadi pengen jadi ibu rumah tangga.  Mungkin awal-awal menikah akan tetap bekerja karena ngurus rumah sama suami masih cukup mudah (mungkin), tapi klo udah punya momongan kayanya jadi ibu rumah tangga lebih asik.
Walopun gue belum menikah, itu keinginan aja sii.  Namanya juga rencana :p

Goodluck mba Eva, nice choice mom.




Sambil ngantuk-ngantuk

xoxo
@puspacwitt

No comments:

Post a Comment