Sunday, May 15, 2016

Pengalaman pertama "nginep" di RS

15 Mei 2016


Sesuai sama judulnya, kali ini gue mau nulis tentang pengalaman waktu nginep di rs. Alesannya nginep disana karena gue dinyatakan terkena DBD dan Typoid alias tipes.  Jadi awalnya gini, waktu longwiken kemarin banyak banget yang punya rencana liburan keluar kota kann, jalanan puncak padet, jalanan ke bogor dan sekitarnya ikutan padet.  Alhasil gue yang ga punya planning kemana-mana ini berencana keliling mall selama weekend, karena banyak sodara kumpul jadi sekalian ajak mereka jalan-jalan ngiterin mall-mall jakarta.

Hari kamis
Janjian sama si kak Era jalan ke thamcit, lanjut nonton AADC2 yang ternyata endingnya yaaa begitulah, lanjut nyusul keluarga yang udah duluan di mall artha gading, dan ternyata di hari kamis yang padat itu gue lupa makan siang, jadi dari pagi di thamcit kalap belanjaa trus lanjut nonton (yang tiketnya sampe beli lewat gojek karena takut keabisan).  Setelah nonton kita bedua baru makan, rapel sama makan sorePadahal perut udh krucukan dari tadi pas didalam bioskop cuman ditahan karena jadwalnya emang mepet banget ga sempet buat makan dulu. Pulang makan kenyang lanjut naek gojek nyusulin keluarga yang lagi pada di artha gading, ikutan muterin mall trus lanjut pulang kerumah (ga makan lagi).

Hari jumat
Disuruh pilih tempat makan nihh sama si opa. Katanya aku aja yang pilihin tempatnya, trus beliau kepikiran kepengen makan seafood di bandar jakarta cuman mikir bayar masuk ancolnya hahahaha....setelah searching di mbah google ternyata baru tau ada seafood bandar jakarta di baywalk mall pluit.  Lanjutlah makan siang kita disana (sebenernya sii makan sore ini itungannya, sampe tempat tujuan aja udh jam setengah 3 sore, karena berangkatnya kan abis pulang jumatan). Abis makan pulangnya muterin daerah pluit lanjut kerumah opa di sunter.  Sampe sunter mulut masih kepengen ngunyah, makanlah rujak yang tadinya buat bekel makan di bandar jakarta pinggir pantai yang ga kesampean karena si opa udh capek minta pulang.  Rujak udah abis, dilanjut bakso bakwan malang yang tiba-tiba lewat dan minta banget diberhentiin gerobaknya.  Semangkok baksopun ludes masuk keperut.  Pulang kerumah ternyata dirumah ada rujak dari kemarin yang masih belum abis, lanjut lgi makan rujak (makan mulu tapi ga gemuk-gemuk)

Hari Sabtu 
Lagi kepengen banget berenang nihh ceritanya, soalnya berkali-kali rencana mantai tapi gagal terus.  Ngajakin si ade berenang ke kolam renang komplek ajah sii yang murah dan ga terlalu ramai.  Jam 7 berangkat dari rumah, sampe tempat berenang ga begitu ramai orang langsung byurrr, nyebur ajaa kaya orang ga pernah liat air hahahaha #lebay
Kelar berenang beberes pulang, sebelum kerumah mampir dulu sarapan dipasar dekat situ, gue makan soto ayam si ade makan lonsay (bahasa kerennya lontong sayur).  Sampe rumah berasa belum bersih nihh, jadinya mandi lagi.  Setelah mandi barulah drama dimulai  jenggjennggg......abis mandi badan langsung meriang, kedinginan ga kira-kira, selimutan sampe dua selimut dipake.
sampe siang badan makin panas, dikompres sama si mamah, diminumin air putih yang banyak sampai akhirnya lumayan hangat ga terlalu panas, tapi kepala pusing banget.  Karena masih sakit, sorenya dibawa ke UGD rs mitra kemayoran, ditanganin sama dokter disuruh ambil darah.  Gue nolak, soalnya baru satu hari ngapain juga sampai harus ambil darah kan bisa-bisa belum keliatan juga virusnya.  Akhirnya dikasih obat suntik(obat untuk lambung yang biasa gue dikasih klo maghnya kambuh, fyi aja gue punya sakit magh akut), istirhat sampe 2jam di UGD langsung dibawa pulang lagi. Identifikasi dokter sementara sakit lambung/magh.

Hari minggu dini hari
Badan gue kembali panas tinggi, menggigil kedinginan ga kuat, dikompres si mama terus paginya mendingan lagi.  Cuman badan masih ga enak, pusing kepala belum juga membaik dan gue bertekad klo sampe senen masih panas harus cek darah.

Hari senin dini hari
Badan kembali panas tinggi lagi, dan ini bener-bener ga kuat, kepala pusing udah limbung, bawaannya kepengen balik ke rs, tapi dirumah adik gada udh berangkat kerja, papa lagi keluar kota cuman berduaan doang sama si mamah. Akhirnya pasrah bedrest drumah aja.  Nunggu sampe badan enakan dikit, aku sama mama pergi ke prodia buat cek darah sendiri (soalnya panas udh 3 hari kan).  Dapet hasil dari prodia, baca sendiri hasilnya ga ngerti juga, nanya sama tante yang pernah kerja di rs katanya kemungkinan typoid dan ada infeksi juga, mungkin infeksi lambung.  Karena dapet hasil udh malem jadilah rencana besokannya baru cek ke dokter.

Hari selasa
Badan masih kadang panas kadang dingin, malah sampe keluar keringat kipas-kipasan saking gerahnya. Nungguin sampe sore pas badan udh mendingan akhirnya berangkatlah gue, mama dan papa ke dokter.  Berobat ke dokter mitra keluarga kelapa gading, pilih dokter internis dan alhamdulilahnya ga nunggu lama langsung masuk ruangan dokter.  Berobat ceritain kondisinya, terus mama kasih hasil labnya, dokternya langsung bilang ini tipes dan sepertinya merujuk ke DBD karena waktu itu hasil labnya : widal typo H 1/640, trombosit 152, leukosit 2.
Saat itu juga langsung proses rawat inap dan jam 19.00 masuk kamar rawat.

Pertama kalinya diinfus
Sebelum masuk ruang rawat gue dibawa dulu ke tempat pemasangan infus, degdegannyaa minta ampun hahahha #lebaybanget, jadi dari kecil itu gue takut banget yang namanya jarum suntik, dan setiap disuntik gue bakalan nangis, sekarang udah mendingan siihh, karena di kantor udah tiap taun adain MCU dan ga mungkin gue nangis terus tiap ambil darah di kantor jadi sekarang gue udh ga terlalu takut klo diambil darah.  CUMA kalo diinfus yang kebayang jarumnya gueeedeee bener, dan gue beneran takut saat itu.  Dulu pernah waktu kecil gue dirawat gara-gara panas tinggi dan gue gamau diinfus, jadi dibolehin sama dokternya, dirawat tapi ga diinfus (lucu kan??engga yaaa, yaudah siii). Jadi ini kali pertama gue diinfus, pas masuk infusan nyesss nyeri yaa ternyata, berasa ada jarum yang masih nyangkut didalem dan bergesekan dengan tulang-tulang gue #okeinilebaylagi
 
kenang - kenangan


Hari Rabu, Kamis
Trombosit turun terus dari 152 pertama kali masuk rs jadi 101, 79 dan paling bawah 58.  Seketika cari referensi sana sini, dan paling banyak orang merekomendasikan ANGKAK. Banyak org bilang angkak itu ga enak, angkak itu pahit, angkak itu ga banget deh dan taudong pikiran gue langsung melayang kemana-mana jadinya, udah tau gue orangnya sugestian banget, gampang jadinya kepikiran yang ga enak ga enak gitu cuman gara2 omongan orang, makanya gue klo untuk pilih apa2, pergi kemana2 butuh banget rekomendasi anaknya.  Bokap sejurus kemudian langsung cari angkak demi anak cewe satu-satunya (karena anak kedua laki), dan langsung dapet, langsung minta rebusin di warung sebelah tukang jual angkak itu hahahha....sampe rumah sakit lagi gue dipaksa harus minum, dikarenakan gue juga bosan di rumah sakit, langsung minum perlahan-lahan ga dirasain. Dan emang bener kata orang, GA ENAK hahahaa.....tapi ga se parah yang orang-orang bilang dan ga separah yang gue bayangkan si rasanya, masih bisa gue telen laah ini si ANGKAK.
Setelah minum si angkak ini, trombosit gue naik booo alhamdulilahhhhh, naik 1000, dari 58 ke 59 tapi lumayanlaahhh.  Dari situ gue minumin aja terus angkaknya.

Hari Jumat 
Hari jumat ini tumben sang dokter beum datang juga sampe jam11, padahal biasanya dkter datang jam9/10 paling siang, gue pikir mungkin dokternya bakalan visit setelah jumatan.  Ternyata jam 11.15 dokternya datang, bacain hasil lab yang mana trombosit gue naik terus, hasil terakhirnya 79ribu, terus kesehatannya membaik, panasnya juga udh normal lagi, makan banyak dan minum banyak.  Finnally dibolehin pulang, dan gue seneng banget saat itu...Padahal bayangan bakalan pulang hari sabtu, malah bokap nebak bakalan pulang hari senin huhuhuuu....ternyata berkat allah, doa orangtua, doa teman-teman semua dan si angkak ini akhirnya jumat dibolehin pulang dan bedrest dirumah sampai jadwal kontrol lagi hari selasa depan.


Seharian dirumah harusnya bakalan bikin berat badan gue naik, karena kerjaannya cuman makan tidur doang.  Ga boleh ngapa ngapain, ga boleh kemana-mana (sekedar kesalon doang aja yang deket rumah mau bersihin rambut gaboleh sama mama), bener-bener harus bedrest dirumah doang.

Insya allah keadaan sekarang makin membaik dan udah kapok gamau lagi masuk dan dirawat dirumah sakit.
SEHAT ITU MAHAL.
Sayangi dirimu.


Sorehari sambil ngemil brownies oreo

xoxo
@puspacwitt

No comments:

Post a Comment